}

Jumat, 05 Agustus 2011

Pendaftaran Domain & Hosting

Bagi orang awam, banyaknya penyedia domain dan hosting gratis mungkin sedikit membingungkan dalam menentukan pilihan karena masing-masing penyedia domain dan hosting gratis memiliki fitur dan fasilitas yang berbeda-beda. Lalu bagaimana harus memulai pendaftaran? Baiklah, sebelum mulai mendaftarkan domain dan hosting gratis terlebih dulu harus memiliki email karena itu wajib bagi setiap orang untuk mendaftarkan domain dan hosting. Semua informasi aktivasi akan dikirimkan melalui email ke pendaftar. Oleh karena itu, jika belum memiliki email silakan membuat email terlebih dulu (Yahoo, Gmail, dan lain-lain).

Dengan asumsi sudah memiliki alamat email yang masih aktif, langsung saja kunjungi salah satu penyedia domain dan hosting gratis tersebut. Sebagai bahan praktek, pembuatan domain dan hosting pada http://blinxer.com.
  1. Langkah pertama, daftarkan domain pada penyedia domain gratis dan hosting gratis di http://www.blinxer.com. Kemudian klik sebuah link untuk registrasi.
  2. Masukkan beberapa informasi yang dibutuhkan. Perlu diingat, pada kolom Username akan digunakan sebagai alamat website. Jika username yang dimasukkan slametriyanto maka alamat websitenya adalah http://slametriyanto.blinxer.com. Dan pastikan alamat email yang digunakan masih aktif karena informasi aktivasi akan dikirim melalui email tersebut. Jika sudah yakin, klik tombol Register.
  3. Jika muncul sebuah informasi untuk konfirmasi, klik tombol Click Me to Continue. Selanjutnya akan muncul verifikasi. Masukkan kode yang nampak ke kolom yang disediakan. Jika salah memasukkan kode maka proses registrasi tidak akan dilanjutkan. Jika sudah yakin, klik tombol Register untuk melanjutkan.
  4. Sebuah informasi bahwa akun aktivasi telah dikirimkan melalui email muncul.
  5. An account actvation email has been sent to slametriyanto@ymail.com
  6. Periksa email Anda, kemudian klik sebuah link untuk aktivasi.
  7. Informasi tentang hosting telah dibuat, lengkap dengan nama pengguna untuk database, FTP, dan nama domain yang telah didaftarkan. Pada bagian paling atas terdapat informasi bahwa proses pembuatan domain dan hosting $0 alias gratis.
  8. Simpan informasi tersebut dengan cara mengklik teks saved. File akan tersimpan dalam bentuk PDF.
  9. Setelah tersimpan, klik link Click here to log into your VistaPanel untuk masuk ke Vista Panel. Tampilan halaman utama Vista Panel seperti nampak pada gambar berikut.

Proses pembuatan domain dan hosting telah selesai. Nama domain yang telah didaftarkan adalah http://slametriyanto.blinxer.com. Mengapa nama domainnya panjang? Karena domain yang didaftarkan merupakan sub domain dari http://blinxer.com. Apabila mendaftarkan domain pada http://100webspace.com juga akan menjadi http://slametriyanto.100webspace.com. Begitu pula jika mendaftarkan pada http://000webhost.com maupun di http://co.cc.

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Followers

 
Copyright (c) 2010 Buku Online and Powered by Blogger.