}

Rabu, 09 Mei 2012

PENGENALAN HTML

WEB_PROFIL

MODUL  I
PENGENALAN HTML


Bahasa HTML merupakan bahasa markup(pelekat) untuk menampilkan teks. Gambar dan multimedia. Dalam HTML terdapat tag-tag yang mampu dibaca oleh browser web, sehingga tampilan informasi yang menarik dapat kita nikmati.
Berikut kita akan mempelajari bagaimana membuat web sederhana dengan bantuan HTML mulai dari tingkat dasar. Modul ini akan menjelaskan fungsi tag-tag yang terdapat pada pemrograman web, sehingga akan memudahkan anda dalam belajar membuat website sendiri.

MENGENAL TAG HEAD dan BODY
Pada bagian head kita dapat memasukkan judul, tag judul dipakai secara luas oleh mesin pencari web.
Untuk memulainya buka aplikasi Dreamweaver, ketikkan <HTML>, untuk menambahkan bagian head ketikkan tag pembuka <HEAD>, Pada bagian ini kita dapat mengetikkan judul dari homepage yang kita buat. Judul akan tampil saat web anda ditampilkan oleh browser. Kode yang perlu diketikkan untuk memulai membuat web sederhana adalah :

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Dokumen HTML Pertama</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
<B>Dokumen HTML</B><br>
Ini adalah contoh dokumen HTML-ku yang pertama ! Hanya sekedar  mencoba menampilkan tulisan dalam format <I>Hypertext</I>
</Body>
</HTML>




Pembahasan :
Dokumen di atas memiliki judul dokumen yaitu “Dokumen HTML Pertama”. Dimana untuk mendefinisikan judul dokumen digunakan tag <TITLE></TITLE> yang harus dituliskan didalam tag <HEAD> dan</HEAD>.
Pada isian dokumen yang ditampilkan diapit antara tag <BODY> dan </BODY>, Tag <B> akan dimuncul secara cetak tebal, kemudian tab <BR berfungsi untuk berpindah baris penulisan teks.

Lebih jauh dengan tag <BODY>
Tag <BODY> digunakan menampilkan desain layout halaman web. Tag <BODY> sendiri memiliki kelengkapan atribut diantaranya :
BGCOLOR, berfungsi untuk menampilkan warna latar halaman.
Contoh pemakaian :
<BODY BGCOLOR=RED> .......</BODY>
BACKGROUND, Berfungsi untuk menentukan file gambar/Image dijadikan sebagai background halaman.
Contoh :
<BODY BACKGROUND=”C:\data\latar.jpg”> .............. </BODY>


0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Followers

 
Copyright (c) 2010 Buku Online and Powered by Blogger.